Popunder

Saat Dota 2 dan Tesis Bersatu




Hari ini jagad dunia maya, terutama para pemain DOTA 2 sedang cukup terguncang. Karena game kesayangan mereka yaitu DOTA 2 dijadikan bahan untuk penulisan tesis di ITB dan meraih hasil yang sangat memuaskan. Gak percaya ? yukk kita liat gambar- gambar di bawah ini


Heheheh percaya kan, tesis berjudul "REPRESENTASI KEKUATAN PADA HERO PEREMPUAN DALAM DOTA2" ini dibuat oleh mas Guguh Sujatmiko. Btw udah maen DOTA 2 brp lama mas?



Lihat penguji judul tesis di atas, Dr. Intan Rizky Mutiaz, M.Des dan Dr Hafiz Aziz Ahmad, M.Des. Kalo diliat dari nama pengujinya kayaknya mas Guguh ini adalah mahasiswa jurusan desain. Gile gak sob, diuji sama Doktor en dapet CUM LAUDE soob.

judulnya sendiri bisa dipecah menjadi "Representasi-Kekuatan-Pada Hero-Perempuan- dalam Dota2"

bisa jadi dia merepresentasikan kekuatan perempuan, dari sudut hero di dota 2
merepresentasikan perempuan kan macem2 bisa aja dari sudut, kekuatan fisik, mental ato dll

PDFnya juga cuma rangkuman, jd gak keliatan kumplit metode dan data2nya. yang pasti di introductionnya ada

"It is interesting to study because the players have considerations to choose a hero in the game, especially female hero who have the strength features. The purpose of this study to determine the visualization of strength and what elements of visual that make up the strength of the female hero in DoTA2, also what is the myth behind of visualization"

berarti dia punya data, mungkin banyak player yang milih hero cewe, dan ngeliat tujuannya untuk study visualisasi kekuatan dan elemen kekuatan pada hero perempuan dota 2 dengan latar belakang mitos di visualnya, kl ngeliat disiplin ilmu pengujinya dari desain, berarti tesisnya tentang pendalaman konsep karakter

apa lagi ada tag BANDUNG CREATIVE MOVEMENT 2014
International Seminar and Conference in Creative Industry

mungkin berhubungan juga dengan industri kreatif, terutama dibidang game/animasi/komik, karena setelah ane cari2, terutama di pulau jawa, cukup banyak studio2 lokal yang berkutat di industri ini.

makanya pendalaman konsep karakter akan menjadi penting, dibanding karakter tanpa pendalaman konsep, kalo contohnya salah mohon maap, tapi kalo ngeliat film2 superhero amerika, kita bisa liat film X-men aja bisa dipecah jadi kisah yang nyeritain wolverinenya aja, berarti pendalaman konsep karakternya kuat banget, sehingga bisa berdiri sendiri diluar kisah x-mennya sendiri.

ato kalo agan baca ini http://jonnegroni.com/2013/07/11/the-pixar-theory/
kita bisa ngeliat betapa mempunyai hubungan antar karakter di seluruh filmnya, sehingga membuat seluruh filmnya walau terlihat berdiri sendiri-sendiri dan dari dunia yang berbeda, tapi sebenernya kalo ngeliat teori di link trsbt, diceritakan kalo semuanya merupakan satu kesatuan,satu dunia dengan time line cerita yang bisa di tarik kebelakang atau di tarik kedepan.


Sedikit ada bocoran tentang yang dia bahas di http://www.academia.edu/9003771/THE_STRENGTH_REPRESENTATION_OF_FEMALE_HEROES_IN_DOTA2


dan tentunya banyak pro kontra juga karena topik satu ini, ada yg bilang dosen kok mau-maunya lolosin judul beginian, penelitian gak berguna dsb. Padahal saya merasa dalam pemilihan tema dan judul, dalam sebuah penelitian bukan hal yang sembarangan, maka jika sudah diuji secara akademis oleh para Doktor di ITB maka penelitian ini layak diapresiasi dan bukan dicela. Mungkin yang suka mencela belom pernah ngerasain asistensi judul skripsi, apalagi ini tesis hehehehe.


Sumber : diolah dari kaskus